Cara Cepat dan Gampang Rename File Banyak Otomatis Sekaligus Dengan Nama Yang Berbeda


Halloo...sobat kali ini saya akan memberikan cara untuk merename file atau folder sekaligus secara otomatis, walaupun sebenarnya cara ini mungkin sudah banyak sekali yang sudah tahu, tapi apa salahnya diblog ini saya tulis kembali, barangkali ada teman-teman yang belum tahu. berikut caranya dan aplikasinya yang harus anda download disini. Nama Aplikasinya adalah Bulk Rename Utility, disini saya berikan yang portable, jadi anda tidak perlu untuk melakukan instalasi. difile tersebut ada beberapa type, silahkan anda gunakan type yang sesuai dengan jenis windows anda.


Software bernama Bulk Rename Utility ini memiliki banyak fitur yang terdapat di dalamnya. Kamu bisa mengubah nama file dan folder secara otomatis dengan urutan tertentu, dari yang sederhana sampai yang rumit. Tapi kali ini saya akan jelaskan salah satu kegunaan sederhana yang mungkin banyak orang butuhkan. Yaitu merubah angka TAV 1 menjadi TAV 2, berikut tutorialnya.

Jika software Bulk Rename Utility Portable sudah tercopi, silahkan jalankan aplikasinya.
langkah beirkutnya adalah menccari nama file atau folder yang akan kita ubah, kemudian setelah ketamu, sorot semua filenya, seperti gambar dibawah ini.
Berikutnya setelah diblok masuk kebagian "Replace (3)",(contoh disini saya akan merubah kata-kata TAV 1 menjadi TAV 2, lihat gambar dibawah.
Berikutnya adalah klik tombol Rename yang ada dibawah, lihat gambar.
Setelah di klik tombol Rename, silahkan lihat hasilnya, Bagaimana, mudah bukan?, silahkan mencoba dan berkreasi sendiri karna kegunaan dari software ini tidak cuma itu saja, bisa juga Misalnya membuat folder tanggal dan bulan tanpa harus repot satu persatu. Jadi kalau suatu saat butuh data dari tanggal tertentu, nggak susah nyarinya deh, seperti gambar dibawah ini.


Dasar TJKT - Materi Orientasi Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi